Powered By Blogger

Kamis, 19 Maret 2015

Otomatisasi Perkantoran (Microsoft Office)

MICROSOFT OFFICE WORD



A.     Sejarah Microsoft Word

Microsoft word adalah Aplikasi sebuah program pengolah kata (word processor) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Progam ini biasanya digunakan para pemakai komputer untuk kegiatan tulis-menulis. Seperti pembuatan surat, proposal, artikel, brosur, booklet, dll dengan aneka font
(huruf) dan layout yang tersedia. Kita juga dapat membuat naskah ilmiah dengan rumus-rumus matematika, fisika, maupun kimia dan mendesain sebuah dokumen dengan variasi  gambar yang unik dan sangat lengkap.

Selain Microsoft Word, ada beberapa jenis word processor yang popular dan sudah beredar di masyarakat diantaranya : Word Star, WordPerfect, AmiPro, WordPad, dll. Microsoft Word sebagai program pengolah kata memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih familiar dibandingkan dengan pengolah kata lainnya.

Progam pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0. sampai 6.0. untuk versi DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnya, Microsoft Coorporation telah mengeluarkan versi Microsoft Word, yaitu 95, 97, 2000, 2002, 2003, 2007, 2010, 2013.

B.     Cara mengaktifkan Microsoft Word

Kita dapat memulai atau menjalankan dengan langkah-langkah berikut :
1.      Pilih dan klik Start
2.      Pilih menu program
3.      Kemudian pilih dan klik program Microsoft Word
4.      Tunggu sampai jendela program aplikasi Word di tampilkan
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2x shorcut Microsoft Word pada dekstop.

C.     Mengenal Layar Kerja Microsoft Word

1.     Ikon Kontrol Menu (Menu Control Icon)
Digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif. Letaknya dipojok kiri paling atas sebelah baris judul.
2.      Baris Judul (Title Bar)
Adalah informasi berisi nama file dan nama program yang aktif atau sedang dikerjakan dalam Microsoft Word.
3.     Tombol Ukuran (Sizzing Botton)
Digunakan untuk menentukan besar tampilan layar jendela word. Letaknya disebelah ujung kanan pada baris judul. Macam-macam ukuran :
a.      Minimize Button = untuk memperkecil ukuran jendela word.
b.      Maximize Button = untuk memperbesar ukuran jendela word
c.      Restore Button = untuk mengembalikan jendela ke ukuran semula.
d.      Close /Exit Button = untuk menutup jendela dan mengakhiri program word.
4.     Baris Toolbar (Toolbar)
Adalah kumpulan perintah dalam bentuk ikon-ikon yang berisi tool atau alat untuk mempermudah menyelesaikan dokumen. Fungsi utama Toolbar adalah Mempercepat akses kesejumlah perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Tollbar, klik salah satu ikon yang mewakili perintah yang kita inginkan.
Bila ikon tampak tertekan ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, kita dapat menekan ikon tersebut sekali lagi. Secara default, Tollbar di Microsoft Word ada dua, yaitu Tollbar Standar dan Tollbar Formating.
a.      Toolbar Standar, berisikan beberapa ikon untuk mengerjakan operasi standar, seperti menyimpan, membuka, mencetka dokumen, dan sebagainya. Toolbar Standar dapat di tampilakan atau disembunyikan dengan mengklik View>Tollbar>Standar.
b.      Toolbar Formating, berisikan ikon untuk mem-format obyek-obyek pada dokumen. Obyek tersebut bisa berupa gambar, tabel, atau teks, dsb.Tollbar Formating dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik View>Toolbar>Formating.
5.     Rulers
Adalah mistar tabulasi yang terdapat pada bagian atas atau samping kiri dokumen. Mistar atau ruler ini berguna sebagai indikator lebar dan tinggi halaman dokumen berikut margin-nya. Untuk ruler horizontal berfungsi sebagai alat pengaturan tabulasi dan indentasi. Ruler ini bisa ditampilakn dan juga bisa dihilangkan dengan cara klik View+Ruler.
6.     Area pengetikan
Adalah tempat untuk mengetik atau membuat dokumen. Kita dapat memulai mengetik teks pada posisi keberadaankursor, dan setelah itu kursor secara otomatis bergerak ke rah kanan dengan jarak satu karakter.
7.     Kursor
Berbentuk garis vertikal yang berkedip-kedip. Setiap karakter yang kita ketik akan muncul pada kursor ini.
-          Panah atas : memindahkan satu baris ke atas
-          Panah bawah : memindahkan satu baris ke bawah.
-          Panah kiri : memindahkan satu karakter ke kiri.
-          Panah kanan : memindahkan satu karakter ke kanan.
-          Home : memindahkan ke awla baris pengetikan.
-          End : memindahkan ke akhir baris pengetikan.
-          Ctrl+Home : memindahkan ke awal dokumen.
-          Ctrl+End : memindahkan ke akhir dokumen.
-          Ctrl+panah atas : memindahkan ke awal paragraf sebelumnya.
-          Ctrl+panah bawah : memindahkan ke awal paragraf selanjutnya.
-          Ctrl+panah kiri : memindahkan ke awal kata sebelumnya.
-          Ctrl+panah kanan : memindahkan ke awal kata berikutnya.
8.     Task Pane
Merupakan jendela yang ditampilkan disebelah kanan dokumen dan membantu ketika mengedit dokumen. Jendela task pane akan ditampilkan secara otomastis sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan.
9.     Scroll Bar
Adalah papan navigasi untuk menggulung layar dokumen, baik secara vertikal maupun horizontal. Bisa juga menggeser lembar dokumen kekiri atau kekanan.
10.Office Assistant
Merupakan ikon untuk menampilkan menu bantuan (help) dari suatu program aplikasi. Biasanya ditampikan dalam bentuk gambar animasi yang menarik.
11.Tombol Pilihan Layar (Tombol View)
Digunakan untuk mengubah tampilan jendela dokumen dengan cepat.
12.Status Bar
Adalah baris informasi pada posisi paling bawah dokumen. Status bar ini memberikan informasi mengenai jumlah halaman, halaman yang aktif dsb.

D.    Menu-menu di Microsoft Office Word
*     Menu File :
Save
New
Save as
Print
Open
Save and Send
Recent
Help
Info
Options
Close
Exit

*     Menu Home:
Paste
(Shrink Font)
Justify
Cut
A (Text Effect)
Line Paragraph Spacing
Font
(Change case)
Decrease Indent
Font Size
Ab Text High Light Color
Increase Indent
Bold
Font Color
Shading
Italic
Clear Formatting
Sort
Underline
Bullets
Inside Border
Abc (Strikethrough)
Numbering
Change Style
X2 (Subscript)
Align Teks Left
Find
X2 (Superscript)
Center
Replace
(Grow Font)
Align Teks Right
Select


*     Menu Insert :
Cover Page
Chart
Text Box
Blank Page
Screen Shoot
Quick Parts
Page Break
Hyperlink
WorldArt
Table
Bookmark
Signature line
Picture
Cross-Reference
Date & Time
Clipart
Header
Object
Shapes
Footer
Equation
SmartArt
Page Number
Symbol

*     Menu Page Layout :
Theme
Indent
Theme Color
Spacing
Theme Font
Object Position
Theme Effect
Bring Forward
Margins
Send Backward
Orientation
Selection pane
Size
Align
Hyphenation
Group
Watermark
Rotate
Page Color
Wrap text
Page Border


*     Menu References :
Table of Contents
Bibliography
Add text
Insert caption
Update table
Insert table of figure
Insert footnotes
Update table
Insert citation
Mark entry
Insert endnote
Insert index
Next footnote
Update index
Manage sources
Mark citation
Style
Insert of authorities










*     Menu Mailings :
Envelops
Rules
Labels
Match field
Start mail merge
Update label
Select recipient
Preview result
Addres block
Go to record
Edit recipient list
Find recipient
Highlight merge fields
Auto check for errors
Greeting line
Finish and merge
Insert merge field


*     Menu Review :
Spelling & Grammer
Final show markup
Research
Show markup
Thesaurus
Reviewing pane
Translate
Accept
Language
Reject
No comment
Previous
Delete
Next
Previous
Compare
Next
Block authors
Track changes
Restrict editing

*     Menu View :
Print layout
One page
Full screen
Two page
Web layout
Page width
Outline
New window
Draft
Arrange all
Ruler
Split
Gridlines
Synchronous scrolling
Navigation pane
Reset window position
Zoom
Switch windows
100%
Macros


Sumber : htpp://devinips.blogspot.com/&client=mas-aff-mBrowser&source=s&q=materi+tentang+microsoft+office+word&sa=X&ei=CowKVaGeOsTnuQSt24DwCQ&ved=0CA8QfjAA

Sumber : Buku Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar